abstrak

ABSTRAK Toto Herdianto: Nilai Pendidikan dalam Kisah Nabi Musa as. dan Nabi Khidir as. pada Q.S al-Kahfi ayat 66-70 Tentang Peran Pendidik dalam Membimbing Peserta Didik 

Al-Quran adalah firman Allah yang sarat dengan pesan-pesan dan tuntunan bagi kehidupan manusia. Untuk mengetahui pesan dan tuntunan tersebut, al-Quran harus digali dan dipelajari kandungannya. Dunia pendidikan merupakan salah-satu bagian yang banyak mengandung pesan pendidikan. Salah satu dari beberapa ayat yang ada kaitannya dengan pendidikan adalah al-Quran surat al-Kahfi ayat 66-70 mengenai peran pendidik dalam membimbing murid. Setelah memperhatikan surat al-Kahfi ayat 66-70 penulis merasa termotivasi untuk mengetahui bagaimana penafsiran para mufassir terhadap beberapa ayat diatas serta peran pendidik yang dikandungnya berdasarkan kajian ilmu pendidikan Islam. Hal ini didasarkan bahwa pendidik/guru adalah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling penting, dituntut harus mengetahui tugas dan perannya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana para ahli memberikan penafsirannya terhadap al-Quran surat al-Kahfi ayat 66-70, serta apa saja nilai pendidikan atau kandungan isi dari beberapa ayat tersebut terutama yang berkenan dengan peran pendidik. Pendidik/guru merupakan salah satu komponen pendidikan Islam yang diharapkan dapat mengetahui berbagai tugas dan perannya yang semestinya dilaksanakan olehnya. 

Salah satu keberhasilan pendidikan adalah ditentukan oleh peran pendidik selama menjalankan proses pembelajaran. Disamping komponen yang penting lainnya yaitu peserta didik, dimana pesrta didik diharapkan mengetahui akhlak/etika yang semestinya dilaksanakan olehnya. Al-Quran surat al-Kahfi ayat 66-70. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis, karena penelitian ini berupaya mengungkapkan data dalam al-Quran tentang kisah Nabi Musa as. Nabi Khidir as. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, menelaah kitab-kitab tafsir, serta kajian terhadap buku-buku penunjang yang ada kaitannya dengan masalah penelitian. 

Dari pengkajian sumber data tentang beberapa ayat tersebut, diketahui bahwa dalam pendidikan Islam peran guru menempati kedudukan yang sangat penting dan turut serta dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan mayoritas para mufassir dalam penafsirannya terhadap surat al-Kahfi ayat 66-70 adalah menyangkut tentang peran pendidik serta keteladannya yang telah dicontohkan oleh Nabi Khidir as, disamping didalamnya ada etika peserta didik seperti yang dicontohkan oleh Nabi Musa as. Nilai pendidikan dari beberapab ayat ini adalah bahwa pendidik harus mengetahui secara psikologi kaitannya dengan minat dan bakat peserta didik, kemudian mengetahui dan memahami kemampuan peserta didik, harus ada kontrak belajar antara pendidik dan peserta didik sehingga murid belajar dengan sungguh-sungguh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "abstrak"

Posting Komentar